Cara Mencairkan Dana Jamsostek Secara Manual di Kantor BPJS Bandung Tahun 2017

suparman32.blogspot.com -- Kali ini Blog saya akan berbagi pengalaman mengenai cara mencairkan Dana Jamsostek (Yang sekarang nama nya BPJS Ketenagakerjaan) secara manual di kantor BPJS kota Bandung.
Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian yang memiliki niat untuk melakukan pencairan dana jamsostek secara manual di kantor BPJS Bandung, agar meminimalisir tidak datang berkali-kali sehingga tidak membuang waktu, tenaga dan biaya serta pikiran. Dan jika sudah mengetahui prosesnya, kalian juga tidak akan mengalami antrian panjang yang membuat tenaga terkuras.

Kantor BPJS Ketenagakerjaan Bandung

Kenapa saya lakukan pencairan secara manual.?
Karena saya beberapa kali mencoba melakukan klaim secara online (E-klaim) tapi selalu gagal.  Lalu saya coba menghubungi nomor Customer Service BPJS sangat sulit. Dari pada menunggu tanpa kepastian, akhirnya saya putuskan untuk datang langsung ke kantor BPJS.

 Lokasi kantor BPJS Ketenagakerjaan Bandung Lodaya mudah sekali di jangkau.
Alamat lengkapnya adalah :
Jl. Lodaya No 42 S, Bandung 40262, Telepon : (022)7322311
Atau mudahnya, jika kalian menggunakan angkot atau ojek online, turun sesudah perapatan stopan pelajar pejuang (Hotel Horison) sesudah melewati hotel kalau arah nya dari Jl.BKR

Pertama kali saya datang adalah hari Kamis tanggal 6 April 2017 sekitar jam 5 pagi subuh. Antrian masih sedikit dan orang-orang sebagian sudah banyak bertebaran di sekitar area kantor BPJS.
 Saya langsung menuju ke security untuk menanyakan prosedur nya.
Menurut beliau, kantor BPJS buka mulai pukul 08:00 pagi dengan jam operasional Senin s/d Jumat dan khusus pengambilan nomor antrian adalah dari jam 08:00 WIB sampai maksimal 10:00 WIB.  Setiap hari nya, kantor BPJS hanya melayani 100 nomor antrian.  Jadi, jika sebelum jam 10 pagi sudah ada 100 nomor antrian maka pelayanan penerimaan klaim langsung ditutup.

Selain masalah nomor antrian, saya lihatkan persyaratan pencairan Jamsostek yang ditempel di dinding kantor sebagai berikut :

 Jadi, dokumen yang WAJIB di persiapkan ketika akan mencairkan dana Jamsostek (BPJS Ketenagakerjaan) adalah :

1. Fhoto copy KTP yang masih berlaku
2. Fhoto copy Kartu Jamsostek / BPJS Ketenagakerjaan
3. Fhoto copy Paklaring / Pengalaman Kerja / Referensi Kerja
4. Fhoto copy Kartu Keluarga (KK) –> harap di pastikan di dokumen KK sudah tertera tanda tangan kepala keluarga.  Karena jika tidak atau belum ada tanda tangan kepala keluarga maka petugas BPJS akan menolak dokumen dan meminta kita pulang agar melengkapi KK tersebut. Fhoto copy buku tabungan atas nama sendiri –> semua bank dapat di terima dengan syarat HARUS atas nama sendiri.  Tidak boleh menggunakan rekening suami / istri atau pihak keluarga.

Catatan :

Selain fhoto copy, dokumen asli HARUS dibawa pada saat pencairan untuk ditunjukkan kepada petugas BPJS. Bagi pekerja yang berhenti bekerja per  MEI 2017 maka WAJIB juga melampirkan dokumen Surat Pemberitahuan Pengunduran Diri Karyawan yang dibuat oleh HRD perusahaan yang ditujukan kepada Dinas Ketenagakerjaan wilayah setempat dan ditembuskan kepada BPJS Ketenagakerjaan. Hal ini sesuai dengan Peraturan BPJS Ketenagakerjaan No. 7 Tahun 2015 Pasal 4 ayat 3 dan 4. Berikut contoh suratnya:
 Contoh Surat Pemberitahuan Pengunduran Diri Karyawan yang ditujukan kepada Dinas Ketenagakerjaan
Sebelum datang ke kantor BPJS, kalian harus memastikan mengenai status kepesertaan yang ada pada data BPJS apakah masih aktif atau sudah non-aktif.

Karena jika data di BPJS masih aktif maka kalian akan diminta untuk pulang lagi dan menunggu sampai status kepesertaan menjadi non-aktif.  Untuk mengecek status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
1. Meminta bantuan melalui HRD perusahaan; atau
2. Melalui layanan sms 2757, dengan detail seperti di bawah ini :

 Cara Cek Saldo JHT & Cek Status Kepesertaan via SMS 2757.
Untuk dana jamsostek kurang dari Rp 2 juta, akan diberikan secara tunai.  Dan di atas Rp 2 juta, dana akan di transfer ke rekening pribadi peserta.

Setelah semua berkas telah lengkap, saya sarankan teman-teman tiba di kantor BPJS Bandung Lodaya pagi-pagi sekitar jam 6 pagi atau maksimal 7:00 pagi agar tidak masuk dalam antrian paling belakang.  Jika lewat jam 7:00 pagi, antrian sudah banyak.

Menjelang jam 8 pagi, Staf dari BPJS Bandung Lodaya akan membuka pembicaraan dengan memberikan informasi detail perihal pencairan BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek).  Biasanya, setelah Staff BPJS memberikan arahan, secara alamiah, ada beberapa peserta yang “gugur” memilih mundur karena persyaratan belum lengkap

Setelah itu, masih dalam antrian, akan ada bantuan dari tim internal BPJS untuk mengecek kelengkapan dokumen yang teman-teman bawa.  Jika sudah lengkap oke, maka disuruh menunggu untuk menulis absen dan nomor HP.  Namun jika tidak lengkap maka peserta yang sudah antri akan mundur teratur.

Setelah mengisi absen, kemudian kita akan diberikan 3 buah form untuk diisi sendiri, yaitu :
1. Form Pengajuan Pembayaran Hari Tua;
2. Surat Pernyataan di atas materai;
3. Surat Permohonan,

Catatan :

Sangat di sarankan teman-teman membawa pulpen sendiri agar pengisian form selesai dengan cepat. Jika kalian tidak membawa materai, di meja security di jual materai dengan harga Rp 8000 / pcs.

Setelah 3 form di isi lengkap kemudian form diverifikasi oleh petugas BPJS.  Petugas kemudian akan membubuhi tanda tangan pada form Surat Permohonan jika kita sudah mengisi dengan benar.
Selanjutnya, semua berkas yang sudah lengkap tersebut diserahkan kepada security dan kita diminta lagi untuk mengantri sampai security menyebutkan nama kita satu persatu di panggil.

Terakhir, setelah nama kita dipanggil barulah kita boleh memasuki ruangan ber-AC yang ada di dalam.  Akan terasa sangat sejuk ketika berada di dalam setelah beberapa jam antri di luar.

Setelah di dalam kita masih harus antri lagi. Pertama kita antri untuk verifikasi data secara sistem.  Jika proses verifikasi data dinyatakan sesuai maka di lanjutkan proses antrian terakhir yaitu antrian penerimaan uang bagi yang dana Jamsosteknya kurang dari Rp 2 juta.  Namun untuk penerima dana lebih dari Rp 2 juta, setelah verifikasi data dan di nyatakan sesuai maka peserta di perbolehkan pulang dan tinggal menunggu dana ditransfer ke rekening dalam hitungan hari,  paling lama 14 hari.

Demikian yang bisa saya informasikan  Semoga bisa membantu teman-teman yang ingin melakukan pencairan dana Jamsostek Manual.

Subscribe to receive free email updates:

9 Responses to "Cara Mencairkan Dana Jamsostek Secara Manual di Kantor BPJS Bandung Tahun 2017 "

  1. Mencairkan dengan manual itu benar" sangat melelahkan juga dengan 3 x bulak balik dengan banyak nya kekurangan lumayan jg lelahnya demi hasil upah terakhr di perusahaan lama tp alhmdulillah belum trun jg sampai hati ini kataya untuk 2 hari mpe 5 hari klo boleh tau kira" kapan yah untuk lebih tau n rincinya

    ReplyDelete
  2. Itu yg syarat surat pengunduran dirinya buat Disnaker harus ada ya? Yg bikin suratnya siapa? Trs apa kita harus nguruain jg ke Disnaker? Soalnya saya hanya dikasih pakelaring dari perusahan, trs klo kk asli blm di tdt, tp yg foto copy udh itu bakal jd kendala jg ga? Terima kasih

    ReplyDelete
  3. ko berasa ribet yah, mau secara online susah bahkan untuk telpon ke bpjs itu sendiri susah jg. saya sudah coba lewat online beberapa kali tapi gagal terus.

    ReplyDelete
  4. ..demi pencairan..rela bulak balik ngurus kekurangan..little2 parkir pula...e-claim gagal,call online sibuk terus....thx infonya...bermanfaat..

    ReplyDelete
  5. Emang d persulit.. Harusnya d permudah kan jamsostek yg mlayani masyarakat..

    ReplyDelete
  6. Klo KTP nya udah gk berlaku gmn

    ReplyDelete
  7. Itu kalau yg tunai dikasihnya hari itu juga?

    ReplyDelete
  8. Kalau klaim di kantor Jamsostek beda alamat dengan KTP bisa?
    Aku KTP Jawa Tengah, tapi kerja di Jakarta.

    ReplyDelete